Let's Act

ACT.id

Kamis, 06 Maret 2014

Akuntansi Manajemen dan Peran Manajemen Biaya

Informasi manajemen biaya, dikembangkan dan digunakan untuk mengimplementasikan strategi organisasi. terdiri mengenai informasi keuangan mengenai biaya dan pendapatan, dan informasi non keuangan mengenai retensi pelanggan, produktivitas, kualitas, dan faktor-faktor penentu utama kesuksesan lainnya bagi organisasi. Sedangkan manajemen biaya adalah pengembangan dan penggunaan dari informasi manajemen biaya. jadi manajemen biaya berisi kumpulan informasi yang digunakan untuk mengambil suatu keputusan yang efektif.

Read More

Akuntansi manajemen merupakan suatu profesi yang melibatkan kemitraan dalam pengambilan keputusan manajemen, menyusun perencanaan dan sistem manajemen kinerja, serta menyediakan keahlian dalam pelaporan keuangan dan pengendalian ntuk membantu manajemen dalam memformulasikan dan mengimplementasikan suatu strategi organisasi.

Informasi manajemen biaya dikembangkan dan digunakan di dalam rantai nilai informasi organisasi, tahap (1) yaitu menemukan peristiwa bisnis, selanjutnya (2) akuntan manajemen mengumpulkan dan meringkas data, kemudian (3) mentransformasikan data ke informasi melalui analisis, (4) mengkombinaikan informasi dengan informasi yang laintentang strategi organisasi, (5) akuntan manajemen menggunakan pengetahuan tersebut untuk mengambil keputusan. informasi manajemen biaya digunakan dalam perusahaan untuk membantu pihak manajemen dan tidak harus memenuhi persyaratan seperti dalam menyusun pelaporan keuangan. oleh karena itu, fokus utama informasi manajemen biaya adalah kegunaan dan ketepatan waktu.

Ada Empat Fungsi Manajemen
1. Manajemen Strategis
2. Perencanaan dan Pengambilan Keputusan
3. Pengendalian Manajemen dan Operasional
4. Penyusunan Laporan Keuangan
 


Referensi :
Blocher, Stout, Cokins. 2013. Edisi 5 Buku 1 Cost Management : A Strategic Emphasis. Jakarta. Salemba Empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar