Let's Act

ACT.id

Selasa, 15 Juli 2014

Ramadhan..

Assalamualaikum..

Bismillahirrohmanirrohim. Tak terasa bulan penuh berkah telah tiba, dan kita sebagai muslim harus melaksanakan kewajiban di bulan Ramadhan yaitu Berpuasa. Kita tahu bahwa disaat berpuasa maka kita tidak boleh hanya menahan lapar dan haus saja, namun hawa nafsu pun harus kita jaga. Jangan sampai setan yang sedang dibelenggu di bulan Ramadhan tetap menguasai diri kita.
Puasa mengajari kita akan banyak hal, seperti bersabar untuk tidak makan dan minum hingga azan maghrib berkumandang. Dengan begitu kita bisa merasakan orang-orang yang kurang beruntung dari kita, setidaknya kita dapat berempati dengan kondisi mereka. selain itu di bulan Ramadhan banyak sekali pahala yang akan Allah berikan jika kita rajin beribadah. Oleh karena itu pada bulan ini seharusnya umat muslim melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti shalat tepat waktu, perbanyak shalat sunnah, mengaji, bersilaturrahim dan saling berbagi dengan orang lain yang membutuhkan. Jadi di bulan Ramadhan kita harusnya bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi hingga datangnya hari kemenangan.

Saya jadi teringat kultum yang diberikan pak ustadz seusai shalat subuh :
_Percakapan antara Allah dengan Hawa Nafsu_

kata Allah : Hai, nafsu man anta? wa man anna?
Hawa Nafsu : Anna, anna wa anta anta
atas jawabannya tersebut Allah menghukumnya dengan menenggelamkannya di dasar laut selama 100 tahun. Setelah itu Allah bertanya kembali pada hawa nafsu.
kata Allah : Hai, nafsu. man anta? wa man anna?
Hawa Nafsu : Anna, anna wa anta anta

Allah pun menghukumnya kembali dengan memenjarakannya namun masih deberi makan dan minum selama 100 tahun. Setelah itu Allah menanyakan hal yang sama kepada hawa nafsu, dan jawabannya masih saja sama. oleh karena itu Allah memenjarakannya kembali tanpa diberi makan dan minum. setelah hukuman terpenuhi Allah bertanya kembali.
Kata Allah : Hai, nafsu man anta? wa man anna?
Hawa Nafsu : Anna nafsu wa anta Allah.

Subhanallah..setelah di hukum berkali-kali hawa nafsu itu baru dapat mengatakan yang seharusnya ia jawab. Itu semua karena ia tidak diberi makan dan minum (puasa) dengan begitu ia dapat menahan hawa nafsu nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar